Cara Budidaya Ikan Bawal

Ternak Ikan Bawal, antara lain:

A.Bahan

Bahan yang digunakkan guna budidaya ikan bawal

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk usaha budidaya ikan bawal seringkali dibagi menjadi 2 bahan, yakni bahan pokok dan bahan pelengkap. Bahan pokok merupakan

Bahan pokok .

merupakan ragam macam bahan yang dipergunakan secara terus menerus cocok dengan pola usaha yang diterapkan. Sedangkan bahan pelengkapĀ http://agent88bet.co/merupakan ragam macam bahan yang dibutuhkan secara insidental dalam pengamalan budidaya ikan bawal. Bahan pokok guna usaha budidaya ikan bawal mencakup pakan ikan (pakan alami dan pakan buatan), pelet, sayuran dan dedaunan laksana daun pepaya, dll. Jumlah dan takaran masing-masing bahan dicocokkan dengan keperluan dan software yang dianjurkan. Adapun bahan pelengkap yang diperlukan yaitulaksana bius.

Cara Budidaya Ikan Bawal
Cara Budidaya Ikan Bawal

Bahan pelangkap

Merupakan ragam macam bahan yang diperlukan secara insidential dalam pengamalan budidaya ikan bawal.

B.Alat dan sarana

 

Water pam

Disel

Saluran air

kolam

C.Teknik Pembesaran

 

Tahapan

Pada ikan bawal langkah pembesaranya sekitar 3 bulan .Tahapan budi daya ikan bawal diantaranya, seleksi indukan. yaitu

memilih induk jantan dan induk betina yang siap dikawinkan.

Indukan bawal

yang baik ialah yang sudah berumur lebih dari tiga tahun.Bagi induk jantan bila dipijat terbit sperma dari lubang dibawah perutnya. Sementara induk bawal betina cirinya perutnya buncit bulat dan sudah matang gonad. Proses pemijahan dilaksanakan di empang khusus yang dilengkapi aerator. Bawal betina terlebih dahulu diberi suntikan perangsang. Setelah 24 jam induk bawal betina bakal bertelur.

Setelah tidak dipedulikan selama 2 sampai 3 jam telur dipungut dan dimasukkan ke dalam aquarium. Di lokasi ini telur pulang menjadi larva. Larva hasil pemijahan yang berumur tidak cukup lebih tiga puluh hari kemudian diagungkan di empang penampungan. Lama pembesaran di empang ini dapat dilaksanakan hingga tiga bulan. Sering kali anakan bawal ukuran 5 inch telah dapat dijual. Anakan bawal ukuranlaksana ini,

. Selanjutnya bibit ikan dialihkan ke empang pembesaran. Proses pembesaran dapat dilaksanakan di empang tanah.

sebelum disebar anak ikan, empang pembesaran mesti kayabagian hara. Kolam terlebih dahulu ditaburi pupuk kandang dan pupuk buatan

Pakan

ikan-ikan yang telah diagungkan di dalam empang permanenlumayan diberi pakan pelet sehari dua kali pagi dan sore.Hanya dengan pakan yang baik ikan bisa tumbuh dan berkembang cocok dengan yang anda inginkan. Kualitas pakan yang baik ialah pakan yanq memiliki gizi yang sebanding baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral.

Karena ikan bawal mempunyai sifat omnivora maka makanan yang diberikan dapat berupa daun-daunan maupun berupa pelet.contoh daun pepaya,kangkung,pelet.Pakan diserahkan 3-5 % berat badan (perkiraan jumlah total berat ikan yang dipelihara). Pemberian pakan bisa ditebar secara langsung.

Kolam

Kolam berukuran 2 meter kali 4 meter dengan kedalaman 1 meter

Jenis empang yang ideal guna pemeliharaan ikan bawal yaitu empang tanah dengan jenis tanah bertekstur liat atau liat berpasir. Kedalaman empang usahakan berkisar antara 1 m. Kedalaman ini berperan dalam menilai tingkat kesuburan kolam,dimana kedalaman kolam dominan pada masuknya sinar matahari yang berperan pada proses fotosintesis tanaman dalam air, sehingga mengakibatkan tersedianya makanan alami untuk ikan di dalam kolam. Pada empang usahakan mempunyai saluran pemasukan dan pengeluaran air.agar mudah menata sirkulasi air di kolam.Kolam mesti terpapar sinar matahari langsung,urusan ini supaya fotosintesis di dolam dalam dilangsungkan dengan baik.

D.Jenis Usaha

Pemancingan Gones yang didirikan oleh bapak Anton, di desa Kuwaron ini memusatkan pada pembibitan serta pembesaran. Selain pembibitan da pembesaran pak Anton pun memberikan suatu inovasi pada lokasi pemancingannya yaitu suatu usahaguna memperjual belikan pesanan

 

E.Faktor Keberhasilan dan Kegagalan

Faktor keberhasilan dalam merawat ikan bawal :

Faktor air. Dalam membudidaya ikan air adalahtempat berlangsungnya kehidupan ikan, maka dari tersebut air mesti dijaga supaya tetap bersih.

Faktor ketelitian. Dalam membudidaya ikan, ketelitian pun merupakan hal penting dalam keberhasilan merawat ikan.

Faktor kegagalan dalam membudidaya ikan bawal :

Faktor cuaca. Dalam membudidaya ikan cuaca adalah hal yang sangat di kawatirkan oleh semua pembudidaya.

F..Tips Agar Berhasil Dalam Memelihara Ikan Bawal

Persiapan Kolam guna budidaya ikan Bawal

Persiapan empang ikan bawal ini dimaksudkan guna menumbuhkan makanan alami dalam jumlah yang cukup. Setelah dasar empang benar-benar kering, dasar empang perlu dikapur dengan kapur tohor maupun dolomit dengan takaran 25 kg/100 meter persegi.

Pemilihan dan penebaran embrio ikan bawal

Hanya dengan embrio yang baik, ikan bawal bakal hidup dan tumbuh dengan baik. Penebaran embrio Sebelum embrio ditebarbutuh diadaptasikan, dengan tujuan supaya benih ikan tidak dalam situasi stres ketika berada dalam kolam.

 

Kualitas Pakan Dan Cara Pemberian Ikan Bawal

Hanya dengan pakan yang baik ikan bisa tumbuh dan berkembang cocok dengan yang anda inginkan. Kualitas pakan yang baikialah pakan yanq memiliki gizi yang sebanding baik protein, karbohidrat maupun lemak serta vitamin dan mineral.

G.Kesimpulan

Dari hasil wawancara yang kami lakukan bareng bapak Anton, kami dapat memutuskan bahwa membudidaya ikan konsumsi khususnya ikan bawal tersebut tidaklah mudah. Ketelitian adalah salah satu kunci untuk kesberhasilan membudi daya ikan,andai kita teliti maka anda akan menemukan hasil yang teliti juga, ikan yang tanpa penyakit. Ketelatenan pun menjadi di antara kunci dalam menjangkau keberhasilan. Ketelatenan dalam memberi santap ikan bakal berbuah pada ikan yang cepat dewasa dan cepat anda panen.

dari sini, kita pun dapat memutuskan bahwa cuaca ialah hal yang sangat diwaspadai.

Comments and Responses

Your email address will not be published. Required fields are marked *